Document Contents :

Penyelenggaraan e-Learning sebagai Layanan Internal dan Eksternal di Level Fakultas: Studi Kasus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Categorie(s):
  Engineering   ›   Computer Science
Author(s):
  Harry B. Santoso, Zainal A. Hasibuan, dan A. Nizar Hidayanto
DOI:
   -
Price:
   FREE
  • Show Abstrack lang :
  • Id
  • En
Abstract:     
Citing articles (0)
Keberadaan Internet dalam dunia pendidikan memungkinkan proses belajar mengajar dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kondisi ini mampu memfasilitasi peningkatan intensitas kegiatan pendidikan. Proses perkuliahan yang sebelumnya hanya dilakukan di dalam kelas, saat ini mengalami transisi. Prosentase perkuliahan tatap muka dalam kelas dikombinasikan dengan pembelajaran online (e-Learning). E-Learning kemudian disebut berperan sebagai combinational function atas kegiatan belajar mengajar konvensional dan bukan sebaliknya, yaitu e-Learning sebagai substitutional function yang menggantikan sepenuhnya porsi pembelajaran tatap muka. Hal ini dapat mengatasi permasalahan yang berkenaan dengan terbatasnya waktu untuk bisa mengakses sumber pembelajaran. Penyelenggaraan e-Learning tidak hanya terbatas pada pemberian layanan terhadap pihak internal institusi, namun juga dapat diimplementasikan untuk mendukung institusi eksternal, atau yang secara lebih spesifik dikenal dengan istilah Distance Learning. Tulisan ini akan mengelaborasi penyelenggaraan e-Learning sebagai layanan internal dan eksternal pada level fakultas. Studi kasus diambil berdasarkan pengalaman Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dalam mengimplementasikan pembelajaran online dalam 3 tahun terakhir.


e-Indonesia Initiatives

     Content
Jurnal
     ISSN
9999-9999
     eISSN
-
     Description
-