Gandeng Google, Universitas Mercu Buana (UMB) Luncurkan "Tugas Akhir Online"

   13 Apr,2015 21:01
   Imawati, Diana

KBRN, Jakarta - Universitas Mercu Buana (UMB) bekerja sama dengan Google Indonesia meluncurkan UMB Mobile dan Tugas Akhir (TA) Online.

Kepada wartawan di sela-sela peluncuran UMB Mobile dan TA Online di Jakarta, Jumat (13/2/2015), Rektor UMB, Dr Arissetyanto Nugroho, M.Sc, mengatakan, program ini bertujuan agar intensitas proses bimbingan skripsi atau tesis menjadi lebih baik, tanpa dibatasi ruang dan waktu. "Jadi, mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, bisa kapan saja berdiskusi dengan dosen pembimbing masing-masing secara online dan real time," ujar Arissetyanto.

Ia menjelaskan, dengan adanya Tugas Akhir Online, maka konsultasi dan supervisi antara mahasiswa dengan dosen pembimbing bisa dilakukan setiap saat. Pada akhir bimbingan, mahasiswa dan dosen akan mempunyai dukungan material final laporan skripsi dan tesis. Begitu pula dengan riwayat laporan, sehingga bisa menjadi laporan final.

Namun, lanjut Arissetyanto, karena Teknologi Informasi (TI) tidak bisa membantu menyelesaikan semua permasalahan, maka proses bimbingan online hanya dilakukan maksimal 50 persen dari keseluruhan proses, selebihnya dilakukan dengan metode tatap muka.

"Di akhir semester ini, kita akan evaluasi terhadap program ini dan menyempurnakan agar program tugas akhir online berjalan baik," ujarnya.

Menurut Rektor UMB, pihaknya akan terus melakukan perbaikan fasilitas TI yang disediakan bagi seluruh sivitas akademika, setelah sebelumnya penekanan penyempurnaan TI ada pada Sistem Informasi Akademik.

Selain itu, UMB juga telah mengembangkan layanan pembayaran online yang terintegrasi dengan bank, meningkatkan kapasitas bandwith internet, serta program pengiriman slip gaji secara digital.

Winda, mahasiswa UMB menyambut baik program tersebut, karena akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa. "Bisa cepat bimbingan dan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi," tuturnya.

Sementara itu, Sutisna Mulyana dari PT Kibar Kreasi Utama selalu mitra pengembang program TA Online UMB, menjelaskan, pihaknya mengedukasi mahasiswa untuk membuat akun Gmail dan Google Drive dengan kapasitas unlimited.

"TA Online UMB ini menggunakan salah satu aplikasi dari Google Drive, yakni tool pemrosesan teks Google Docs yang bisa dikerjakan oleh beberapa mahasiswa pada saat bersamaan. Kemudian, dosen pembimbing bisa memberi komentar tentang perlu-tidaknya revisi perbaikan tugas akhir mahasiswa," paparnya.

Sutisna juga menjamin keamanan data yang ada dalam program TA Online ini dari serangan para hacker, karena aplikasi Google Docs yang digunakan merupakan versi bisnis yang sudah diaudit oleh lembaga akreditasi yang terpercaya. (Heri.F/HF)

Source :http://www.rri.co.id/post/berita/140161/sorotan_kampus/gandeng_google_umb_luncurkan_tugas_akhir_online.html